Sunday, August 06, 2006

PADA DIRI RASULULLAH ADA TELADAN

Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang
(Sungguh dalam diri Rasulullah terdapat teladan yang baik bagimu. Q.S.33:21)

Rasulullah SAW bisa dipercaya (shiddiq), Ia patut menerima kepercayaan (amanah), Ia bisa menyampaikan firman Allah SWT (tabligh), dan Ia bijaksana serta cerdas (fathanah). Sebaliknya, Ia tidak pernah berdusta (kizb), tidak pernah berkhianat (khiyanah), tidak pernah menyembunyikan pesan Ilahi (kitman), dan Ia tidak bodoh (baladah).

Ia baik budi pekertinya, tampan rupanya. Tubuhnya atletis dan selalu terawat bersih. Ia lemah lembut namun ksatria, ramah tapi serius, dan otaknya cerdas. Ia pandai membaca rahasia alam meskipun buta aksara. Alam pikirannya luas. Ia mempunyai bakat mempengaruhi orang, baik orang yang pandai maupun yang tidak berpengatahuan.

Senyumnya memikat. Kejeniusannya membuat setiap orang yang berhubungan dengannya dipenuhi perasaan hormat dan cinta. Ia sangat sabar terhadap bawahannya tetapi juga tegas. Ia tidak akan membiarkan seseorang dicaci-maki apapun kesalahannya. Orang sakit dijenguknya dan undangan orang, sekalipun si pengundang budak, dihadirinya. Ia menjahit sendiri pakaiannya yang robek. Ia juga memerah sendiri susu kambingnya.

Tangannya sangat senang memberi, hatinya sangat berani, dan lidahnya sangat bisa dipercaya. Pada malam hari ia hanya tidur sebentar, sebagian besar waktunya dihabiskan untuk ibadah (ibadah mahdhah maupun ibadah ‘ammah). Ia menyayangi orang miskin, mencintai anak-anak, dan menghormati wanita. Ia bagaikan seorang ayah bagi sahabat-sahabatnya. Ia sangat pemaaf, bahkan terhadap bekas musuh-musuhnya.

Ia adalah Rasulullah (utusan Allah). Ia adalah Nabi terakhir hingga akhir zaman. Ia adalah teladan baik (uswah hasanah). Billaahi at-taufiq wa al-hidayah.

Persembahan bagi yang tercinta sahabat-sahabat anggota Mahatma.( “SELAMAT BER- ULANG TAHUN” ). Ciputat, 15 Mei 2003.

1 Comments:

At 6:17 PM, Blogger Amelia Fauzia said...

Akung, this your writing posted by elkana from Melbourne, my dad help me to do this job. congrotulation akung! for the nice Blog

 

Post a Comment

<< Home